Jumat, 03 Juni 2011

SNMPTN part I

Assalmu'alaikum. Wr. Wb

Setelah lama gak mengurus “anak kedua” gue ini (anak pertama wordpress), kemarin gue liat ada HEWAN LIAR yang berkunjung, tepatnya bukan berkunjung tapi berpesta di blog ini. Gue terlalu sibuk mengurusi DUNIA luar yang begitu FANA, dan hingga sekarang gue bingung mau diapakan lagi ini blog. Sebuah blog yang gatau design nya apa, headernya ANAK TK banget dan beckground nya OM-OM banget. Buat yang mau ngebantu gue mempercantik ini blog tolong memberi kan komentar ya..

Kembali ke awal yang gue mau share, PENGALAMAN KETIKA SNMPTN (SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI), yang dilaksanakan pada tanggal 31 Mei dan dilanjutkan bulan depannya yaitu 1 Juni 2011. Gue gak ngerti sama PANITIA kenapa dilanjutkannya pada bulan JUNI kan lama sebuulan beda antara MEI dan JUNI (abaikan). Karna jarak tempat tes dengan rumah gue rada’ JAUH, jadi gue lebih memilih menginap di rumah tante gue yang jaraknya lebih DEKAT dan bagi gue sangatlah DEKAT dibanding dari rumah gue. Berangkat tanggal 30 Mei 2011, siang hari (karna paginya gue harus ke Balikpapan dulu) dengan cuaca yang mendukung gue berangkat. Perjalanan kurang lebih 7 hari 6 malam gue lakoni hanya untuk SNMPTN (sebenrnya hanya 2 jam).

Sampai di rumah TANTE gue, gak lama gue minta di antar sama OM gue (suami TANTE) untuk ngecek lokasi TES-nya. Dengan pedenya gue bilang di Jl. AWANG LONG, tapi ternyata SALAH jalan. Hal itu sangat membuat hati gue MALU untunglah hanya HATI gue aja yang malu, maklum gue “Buta Jalan” kalau di Samarinda. Gue liat lagi tu kartu peserta Lokasi tes-nya dimana, dan ternyata masih di kawasan Universitas Mulawarman yaitu di Jl.MUARA MUNTAI SAMARINDA Ruang 206A lantai 2 FISIPOL sedangkan Jl. AWANG LONG itu di daerah POLTABES SAMARINDA (apa gue mau tes di PENJARA???). Untunglah, gue mau ngecek dulu tempat tes-nya. Dan huawala, gue menemukan ruang tes-nya, gue udah seneng bisa ngliat ruangannya, karna paling gak gue gak bakal nyasar buat besok.

Setelah dari UNMUL, gue berinisiatif untuk memangkas rambut gue. Karna gak sepantesnya wajah SESOPAN gue bergaya rambut panjang. So, i look for barber. Tapi, ga sembarangan barber ya gue lebih milih dipotong di pinggir jalan daripada di SALON, karna biasanya di SALON yang tukang potong adalah “LAKI-LAKI BANGET” jadi gue lebih milih di pinggir jalan yang “HANYA LAKI-LAKI”. Setelah berpotong rambut ria, gue baru nyadar potongan rambut gue mirip seseorang, yak benar RAUL LEMOS (abaikan).Terus gue balik ke rumah TANTE gue, mandi, belajar makan dan tidur.
WHAT???? BELAJAR MAKAN ATAU BELAJAR NDRA????

Ya lo bisa ngerti gue lah gimana, sebagai anak yang mau TES besok gue harus belajar makan. Karna tes besok Tes Potensi Akademik (TPA). Gue harus BELAJAR MAKAN, bukan BELAJAR. Ketika gue mau tidur, INSOMNIA yang sangat menggerogoti hidup gue KAMBUH (kambuhnya tiap hari), gak tau kenapa mungkin gak sabar menghadapi hari esok atau karna memang belum waktunya gue untuk tidur. Besok harus bangun pagi, itu yang jadi pikiran gue. Akhirnya pun gue terlelap, hingga alarm hape gue berbunyi, tapi berbunyi pukul 3. Ni hape tau betul membuat gue terbangun tapi kenapa harus PUKUL 3???????? Gue baru sadar kalau ini akibat alarm FINAL LIGA CHAMPIONS, jadi beginilah akhirnya.

Gue siap-siap, sarapan, nelpon ortu gue minta doa RESTU, Om-om gue, TANTE gue, sepupu dan lainnya. Yak, gue berangkat bersama om gue yang nganterin. Entah kenapa jalanan basah, dan gue baru inget kalau tadi SUBUH ada hujan, gak tau deh baru sehari di SAMARINDA kok udah hujan, itu pertanda apa?? Di perjalanan yang MACET gue masih sempat update di TWITTER secara gue admin #sesat @kotakcurhat dan pemilik acc bernama @alhendoo. Gue berharap aja ada FOLLOWERS yang baik dan mau mendoakan gue yang mau tes ini. Tibalah gue di tempat tes yang sudah di ramekan oleh ANAK-ANAK yang menggantungkan diri dalam tes ini. Ada yang sudah ikut INTENSIF beberapa Lembaga Kursus, ada yang udah belajar semaleman dan ada juga yang BELAJAR MAKAN. Dengan wajah dan rambut baru gue, gue turun dan menuju ruangan 206A. Tapi apa yang terjadi, gue baru sadar bahwa gak ada teman di SMA yang berada di satu ruangan atau bahkan satu tempat dengan gue, mereka pada tersebar di ruang FK, GOR SEGIRI dan beberapa ruang Fakultas di UNMUL lainnya.
Gue adalah ANAK HILANG di sini, yang lagi mencari EMAK blenja. Itulah gambaran apa yang terjadi. Memang di sana banyak orang tapi, gak satu pun gue kenal. Banyak cewek memang, tapi gak satupun mau sama gue #eh. Nasib SINGLE pun harus gue lakoni hari ini. Gue hanya bisa berdiri di tangga dan berharap ada orang yang ngajak kenalan sama gue. Atau gak harapan lain gue adalah TES segera dimulai karna Gue BENER-BENER JADI ANAK HILANG. Apalagi, jiwa gue bener-bener BERGEJOLAK, ada pasangan ternyata yang juga ikut tes #singlengenes.

Hingga tes dimulai pun gue gak ada kenalan dengan siapapun,ya bener-bener gak punya teman. Harapan gue, PENGAWAS tes mau jadi TEMAN ngobrol gue waktu istirahat ntar. Para siswa pun masuk ruangan masing-masing dan situasi pun menjadi SEPI. Kertas jawban dan data diri oun sudah dibagi dan gue ngisi tu data diri. Hal yang paling gue gak suka adalah KENAPA HARUS MELINGKARI????? Bisa kah hanya MENYILANG??? Gue gak habis pikir, buat ribet, konsentrasi gue harus terbagi. Berpikir untuk menjawab soal dan melingkari jawaban agar INDAH. Harapan gue MELINGKARI jawaban diganti menjadi MENYILANGI jawaban #permintaan pelajar #turunkan hargakasetps3.

Setelah mengisi data diri, PENGAWAS mengecek Surat keterangan Lulus dan Kartu Peserta yang diwajibkan untuk dibawa masing-masing PESERTA. Satu PESERTA, dua PESERTA dan hingga tiba giliran gue. PENGAWAS pun bertanya “Lulusan tahun berapa??” , gue hanya bisa jawab “2011 bu”. Dalam pikiran gue “APA GUE TUA BANGET YA, SAMPE-SAMPE DITANYA SEPERTI ITU????”. Gak sampe disitu IBU-IBU membuat gue DOWN, beliau juga memperhatikan FOTO gue yang ada di Kartu Peserta. Apa beliau gak percaya???? Gue bener-bener dibuat DOWN dengan IBU-IBU tersebut. Kalau seandainya SNMPTN belum bayar gue mau mengundurkan diri, tapi sayangnya udah keluar DUIT. Kalau gue tau jadinya begini dari rumah TANTE gue tadi, harusnya gue bawa BAYGON biar gue minum sekalian sayangnya gue gakn bawa. Jadi gue tetap bertahan walau hati gue REMUK gara-gara IBU-IBU itu. Ini kaartu peserta gue...



Apa mirip TERORIS??? NGGAK kan???

Selesai Tes I, dan bel ISTIRAHAT pun berbunyi.. Ya, bel seperti anak Taman Kanak-Kanak (TK). Setelah hati gue REMUK oleh Ibu Pengawas, di luar gue pun tersadar kalau ISTIRAHAT itu 45 menit, so what must i do now?????? Tangga yang tadi gue pergunakan untuk berdiri sekarang gue pergunakan untuk duduk dan sudah gue anggap RUMAH buat gue. Diam, dengan MATA penuh pandangan kosong yang tak jelas, ANAK TERLANTAR yang gak punya RUMAH dan gak punya TEMAN. Melihat mereka lalu lalang melintai gue, melihat CEWEK cantik tapi gue gak ajak kenalan, bagai “SI CANTIK dan SI BURUK RUPA”. Ya mengenaskan sekali NASIB gue hari itu, tiba-tiba muncul sesorang TEMAN SMP gue dari tangga, dia menjabat tanagn gue dan nanya apa kabar?? Ya gue, hanya bisa jawab alhamdulillah baik. Pikiran gue, syukur deh ada TEMAN walau dia cewek dan TEMAN SMP gue yang lama gak ketemu. Tapi, gak lama ngobrol gue di tinggal dan kesendirian gue terulang.

Buka hape, smsi satu per satu anak-anak yang care sama gue isi smsnya “TEMANI GUE DI FISIPOL, GUE KAYAK ANAK HILANG. CEPAT”. Mereka pun membalas, ada yang balas “KASIANNYA” dalam pikiran gue “KAKI BADAK NI ORANG”. Ada juga yang bales dan malah membuat IRI gue “KE SINI AJA NDRA, KITA LAGI NGUMPUL BARNG NI”. MACAN BALET memang TEMAN gue yang satu ini, dia emang tau gimana caranya buat gue IRI. Dan wuala, gak ada satu pun orang yang dateng.

MENYEDIHKAN...

Bersambung PART II..
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb

2 komentar: