Sabtu, 18 Juni 2011

BURUNG DARA

**Belakangan ini hati gue rada resah, karna ada kabar yang mengungkapkan kalau ditemukan dan ditangkapnya 2 TERORIS di daerah Loa Kulu, Kutai Kartanegara KALIMANTAN TIMUR. Kalau dari rumah gue mungkin 2 jam juga udah sampe, bersyukurnya gue tu dua TERORIS gak tau rumah gue. Dan syukurnya lagi dua TERORIS itu sudah dibawa ke JAKARTA MABES POLRI. Alhamdulillah (sujud syukur).

Tanpa disadari waktu semakin berjalan maju, dan gak pernah mundur. Gaktau kenapa kok gak pernah mundur-mundur, selalu aja detik waktu itu bertambah menjadi menit dan menit pun bertambah menjadi jam. Gak kerasa udah lama gue melakukan hal yang dinamakan BELAJAR, maksudnya belajar PELAJARAN sekolah karna memang penyakit M gue yang sudah mendarah daging yaitu, MALAS. Gue lebih asik TIDUR, membuka laptop dan tentunya bermain-main di twitter. Gak kerasa juga hari ini adalah hari H-nya PENAS yang ke-13 dan dilaksanakan di Kabupaten gue Kutai Kartanegara (walau tempatnya rada jauh). Dari berbagai belahan NUSANTARA datang ke KALIMANTAN TIMUR untuk mengikuti acara ini. Dan rencananya yang membuka acara adalah WAPRES karna PAK PRESIDEN berhalangan hadir.

Kemarin, gue sama nyokap and adek gue yang “CAKEP” pergi ke Balikpapan, bokap udah kadung janji kalau udah bagi rapor, adek gue mau di ajak jalan ke Balikpapan. Tapi, tetep bokap gak bisa ikut karna sibuk. Ada cerita lucu dari yang namanya adek yang “CAKEP” ini hari itu. Waktu itu dia dan anak keluarga gue yang juga bersekolah di sekolah yang sama udah dijemput sama supir. Tibalah mereka di rumah, dengan semngat 46’nya ROSSI gue buka tuh pintu rumah, dengan harapan pas gue tanya,

       “Rangking berapa dek??”, akan di jawab “Rangking 1 kak”

Ya itu hanya harapan seorang kakak kepada adeknya yang masih duduk dibangku kelas III (naik ke klas IV). Gue kira ni anak mau jawab sesuai dengan harapan gue, karna gue liat dia dapat bingkisan yang tentunya isisnya buku. Waktu gue SD dulu yang dapet tu bingkisan hanya yang masuk 3 besar. Dalam hati gue sih, ya syukurlah masih bisa 3 besar, tapi apa dia gak ada jawab pertanyaan gue rangking berapa malah diam dengan senyum-senyum dan bergegas masuk buat menemui Nyokap, yang udah menanti anaknya dateng dengan kabar yang sesuai dengan harapan.

Adek gue langsung ngasih tu rapot + bingkisan ke nyokap dan bilang “Dapet rangking 5 bu, turun 1”. Jiah, gue rada kaget dengan pencapaian ini, kalau dihitung ini namanay penurunan dalam hati gue bilang gitu. Adek gue bilang “Yang rangking 1-4 bu, cewek semua. Kalah sama cwek”. Nyokap langsung bilang

       “Yasudah, gakpapa yang penting anak IBU sehat. Buat kelas IV harus lebih giat lagi baca buku ya??”

Omongan nyokap kali itu buat gue dingin banget, adem gitu. Nyokap tetep ngasih semangat walau gue tau nyokap rada sedih. Itu lah jiwa seorang IBU yang selalu berusaha membuat perasaan anaknya adem dan gak resah atau merasa bersalah.

Next, setelah adek gue ganti baju dari baju seragam menjadi baju yang lebih SOPAN. Kami berangkat ke yang namanya KOTA MINYAK. Pergi ke tempat bermain keluarga dan tentunya gue juga ikut main karna gue tergoda (tiap kali ke situ juga main, NDRA), ya maksud gue juga begitu lah. Udah lama main dan akhirnya adek gue juga merasakan yang namanya capek dan tentunya lapar karna WAKTU telah menunjukkan pukul setengah dua siang. Setelah urusun nyokap selesai, baru pergi ke yang namanya food court di Balikpapan Centre. Nyokap sama adek gue pengen makan di Hotplate Express, so gue dengan Om supir pergi ke lantai atasnya yang lebih menjual makanan beraneka ragam. Di sinilah NDESO’ gue bener-bener tampak dan memalukan.

Kejadian yang memalukan itu dimulai ketika sang pelayan memulai memberikan kertas dan buku menu makanan. Gue dan Om supir melihat-lihat menu makanan dan memilih makana dengan tepatnya. Menulis kode makanan dan beberapa catatan agar menu sesuai dengan selera. Setelah menulis dan merasa semua sudah OKE, gue manggil yang namanya pelayan untuk memberikan hasil kerjaan gue (loh?), maksudnya daftar pesanan. Sampai di sini, hidup gue masih aman dan terkendali. Tapi, berakibat opadahal-hal yang FATAL dalam dunia persilatan.

Gak lama setelah memberikan tu daftar pesanan, kata Om supir bilang,

       “NDRA, pindah ke sini aja di sini dingin banget”

Yups bener banget kami duduk pas di bawa yang namanya Air Conditoner (AC). Abis gue pindah ke meja lain, ternyata ada mbak-mbak yang datengin gue dan Om supir, dan bertanya dengan wajah yang sepertinya memiliki makna yang sangat dalam dan gue bisa membacanya di dalam hati mbak itu berkata,

       “INI ORANG BODOH atau APA??”

Di daftar pesanan ternyata gue salah tulis kode makanan, yang tadinnya gue pesen SOP BUNTUT + NASI, di tagihan adalah RUJAK CINGUR + NASI. Aje gile nih, RUJAK pake NASI, mungkin itu yang di rasakan oleh seorang Mbak-mbak yang datengin gue. Dengan sigapnya gue bilang,

        “KAMI pesen SOP BUNTUT mbak tadi, dan gak pesen RUJAK”

Dengan yakin gue bilang gitu. Si Mbak gak langsung percaya,

       “Tapi, ini masnya tulis kode RUJAK, dan yang namanya RUJAK gak pake NASI

**Mampus gue ketauan NDESO-nya.

*Gue akhirnya mengakui kesalahan gue,


       “MAAF MBAK tadi salah tulis, ganti SOP BUNTUT”


Si Mbak langsung bilang “Oke mas” (ditambah senyum yang manis dengan nada DASAR NDESO). Thanks ya mbak...

Penderitaan gue belum berakhir sampai di situ, pelayan-pelayan itu kembali menyiksa ku (ya gak beneran lah). Minuman yang kami pesan pun dateng dengan damai. Makanan Om nya juga udah dateng. Hati gue bertanya-tanya dimanakah MAKANAN gue, apakah menjadi sebuah kisah yang dinamakan “Makanan Yang Ditukar”. Makanan gue lagi amnesia gitu mungkin ya seperti AMIRA (loh?). akhirnya datenglah seorang pria PAHLAWAN yang datang menghampiri gue dan bilang,

       “Pesan burung DARA ya MAS??”

What !!! Itu makanan jenis gimana dan rasanya apa??? Gue bilang aja,

         “NGGAK MAS!!” (dengan nada yang yakin). 

**Pelayan itu menjawab penuh dengan nafsu membunuh,

         “TAPI, NO. MEJANYA 40 MAS YA!!”

Cepet-cepet gue liat struk pembayaran, dan hasilnya pesanan pertama adalah BURUNG DARA, sip akhirnya gue menerima makanan itu dan tentunya dengan wajah yang bingung mau bilang apa. Dengan rasa yang percaya itu makanannya enak gue tetep aja makan, karna gak mungkin gue bungkus dibawa balik ke rumah. Om gue itu langsung ketawa ngakak, sip bagus Om lanjutkan ketawanya. -____-

Pengalaman yang sangat mengasyikkan buet gue, iya bener-bener asik !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar