Selasa, 02 Agustus 2011

Java Island

Assalmu'alaikum. Wr.Wb

Setelah lama gak mencurahkan apa yang ada di otak ke dalam blog yang indah ini. Indah?? Indah lah, dari headernya aja buatan sendiri. Tapi, bener-bener anak TK belum lulus Playgroup banget yak?? Oke lupakan ngomongin header blog gue, sekarang gue mau cerita beberpa kejadian yang gue alami beberpa pekan ini. Yups, beberapa pekan ini gue udah dua kali ke Surabaya dan beberapa daerah kota jawa lainnya. Perjalanan gue itu gak semata-mata liburan tapi, karna ada urusan. Untuk yang satu ini, apa salahnya di selingi sama jalan-jalan, tetep deh ya gue jadikan liburan express yang seneng gak seneng udah buat gue sedikit melupakan beberapa masalah duniawi.

Waktu itu sekeluarga berangkat jenguk Mbah gue dari bokap yang masih berdomisili JEPANG (REJO) Blora, Jawa Tengah. Berangkat sekitar jam 3 dari Bandara Sepinggan, sesampainya di Juanda kami udah ditunggu sama jemputan, tepatnya mobil carteran untuk melewati tanah jawa ini. Maksud bokap sama nyokap sebelum ke Blora, kami mampir dulu ke makam Mbah gue dari nyokap di Kediri, Jawa Timur, tapi sayangnya tadi di Sepinggan pesawat sempet delayed, so sampe di Kediri udah gelap dan Maghrib. Gak mungkin dong ya, kami jam segitu ke makam, ntar dikira mau apa lagi. Bokap mutusin buat nginep semalem di Kediri, supaya besok pagi-pagi bisa ke makam dan langsung pergi ke Blora. Malam itu sampai di Kediri dengan penuh perjuangan, kenapa gue bilang gitu karna kami hampir salah jalan, maklumlah udah gelap dan lama gak ke sana. Gue sampe di rumah Kediri berasa jadi Artis, tetangga rumah pada datengin kami. Salaman, ngobrol dan beberapa hal lain yang dilakukan (tentunya pake bahasa jawa). Gue ngerti, mereka ngomong apa yang gue gak paham cara ngebales omongannyapake bahasa jawa.

Akhrinya pagi dateng, sumpah gue jam 5-6 subuh ntu kedinginan tingkat dewa. Bener-bener mau jadi es batu mungkin. Tapi, namanya aja gue udah kedinginan gitu tetep mandi, untungnya air di Kediri itu gak dingin rada hangat gimana gitu. Airnya dari sumur langsung, menurut cerita nyokap sih ntu sumur kagak pernah kering. Kalau sumur semua warga kering, sumur nyokap gak kering tetep ada airnya. HEBAT GAK TU ..!!! Harusnya ni masuk 7 keajaiban dunia ya, sayangnya gak pernah masuk nominasi. Setelah siap-siap, langsung menuju ke rumah beberapa keluarga nyokap yang sakit, kami sengaja jalan kaki dari rumah supaya desa nyokap bisa diliat dengan seksama. Cukup jauh sih, tapi gue suka aja masih bisa melihat desa yang asri ditambah lagi sawah yang luas. Beberpaa temen nyokap waktu kecil juga gue temui di jalan. Nyokap sih udah rada lupa, tapi temennya masih ingat. Di tengah jalan yang begitu bahagia, keapesan gue kembali bersinar. Perut mules, gak karuan, rasanya mau mbrojol aja ni yang ada dalam perut. Gue cari batu di pinggir jalan siapa tau aja berdampak yang bagus. Sesampai di makam, kami baca yasiin dan doa, tapi mules ini bener-bener mules. Bokap bilang, apa balik dulu ke rumah lagi?? Gue jawab gakusah, ntar aja di SPBU. Huahaha...

SPBU yang gue maksud gak terlalu jauh dari rumah, gue buru-buru cari toilet dan melampiaskan isi yang ada di perut gue. Terus, ngelanjutin perjalanan yang masih cukup jauh. Sempet mampir di sebuah Kota yang gue lupa apa namanya, buat isi perut yang laper. Di situ bokap pesen Botok Tawon. Rada kaget sih dengan namanya, tapi gue liat bokap makannya lahap bener dah enak kali ya. Abis makan lanjut lagi perjalanan, namanya perjalanan jauh gue harus istirahat jadi terpaksa tidur di mobil (ngeles). Bangun bangun, udah sampe di Cepu setelah itu baru Blora. Rasanya udah deket deh ya, sebelumnya kami mampir dulu ke rumah keluarga nyokap di perbatasan Blora-Cepu. Sebentar aja sih tapi yang penting udah ketemu gitu kata bokap. Sampe di Alun-alun Blora udah bener-bener berasa deket banget, tapi sebelumnya kami makan makanan khas Blora dulu “Sate Blora”. Beda deh dari yang lain, gak tau bedanya dimana, pokonya beda. Yang jelasa penjualnya bukan orang Madura. Gue aja sempet tambah tu nasi makannya, entah laper ataupun emang kebiasaan udah jadi satu.

Oke langsung aja, akhrinya kami nyampe ke rumah granpa sama grandma. Mungkin usia granpa and grandma gue udah mencapai usia 80 tahun, usia yang gue anggap udah gak muda lagi. Alhamdulillah beliau berdua masih sehat, tapi namanya udah tua ya gitu. Kadang granpa gue lupa dengan apa yang beliau lakukan atau bahkan lupa dengan orang yang berada di sekitar beliau. Waktu itu gue, kan langsung deketin granpa sambil bawa makanan kue-kue yang biasanya disuka sama grandpa. Gak lama bokap dateng, gak lama lagi grand ma gue juga ikutan duduk di sebelah pas bokap. Namanya juga grandma sama bokap pan anak sama ibu, ya ngobrol lah gimana layaknya anak yang ketemu sama ibunya. Eh, gaktau gimana granpa gue nyangka kalau bokap itu cowok yang mau deketin granma. Granpa langsung marah, terus mau mukul bokap gue. Bokap Cuma bisa ketawa aja,dan menghindar beberapa saat. Padahal granma udah ngejelasin kalau biokap itu anaknya juga. Terus gak lama granpa mau masuk ke rumah, namanya cucu gue bermaksud buat ngegandeng beliau masuk tapi, entah kenapa malah gue juga mau dipukul. Kakak gue sama nyokap juga berusaha ngeggandeng tapi tetep sama juga mau dipukul. Gue baru sadar kalau baju yang kami kenakan mirip banget warnanya, jadi kayaknya grandpa masih mengira itu tadi coeok yang mau godain grandma.

“Mungkin usia beliau-beliau sudah tak muda lagi, tapi cemburu masih ada. Cemburu karna rasa cinta itu tak pernah pudar ataupun terkikis oleh waktu” (behh)

Itu pelajaran yang bisa gue ambil dari kejadian tadi. Seperti biasa tiap kali ke sana, pasti granma udah nyiapkan masakan, padahal kami sering ke Blora tanpa ngasih tau seblumnya. Tergantung bokap gimana, bokap orangnya suka yang dadakan. Pernah waktu itu, lebaran hari ke-3 kalau gak salah. Gak ada ngomong sebelumnya ataupun rencana kami pergi ke jawa gitu aja. Awalnya sih gak ada niatan, tapi waktu lebaran kedua kah ketiga ditelpon sama keluarga kalau pada kumpul di Blora. Bokap langsung bilang ke kami (nyokap, kakak, and adek gue) , secara bokap itu seorang suami yang gakmau memutuskan sendiri, selalu minta pendapat ke istrinya. Nyokap kasih saran berangkat aja ke Blora kami di rumah, bokap langsung pesen tiket. Terus besoknya kami nganter bokap yang mau berangkat. Sampe di bandara, bokap nawari mau ikut juga atau gak?? Adek gue yang jawab waktu itu, ya namanya adek gue ya dijawab mau. Padahal selembar baju pun kami gak ada bawa, Cuma baju yang kami pake itu aja. Bokap langsung bilang, nyuruh gue sama kakak buat cari tiket ke surabaya yang bersamaan sama tiket bokap. Cari sana sini, gak ada yang langsung ke surabaya yang ada harus tansit dulu ke Jakarta. Mau gak mau ya itu aja tiket yang kami beli. Bener-bener dadakan, dan kapan pun harus siap.

Kehidupan emang terus berputar, tapi ada hal yang gak berputar dan berubah. Kebiasaan bagus gue yang masih sering kumat, MALES MANDI. Selama di Blora, gue gak ada mandi waktu mau balik ke Kaltim aja gue mandi. Cuma gosok gigi, cuci muka dan ganti baju gak ada yang tau kan yak?? Karna gue pan ganteng gitu. Hari mau balik itu kalau gak disuruh nyokap mandi pun gue gak akan mandi. Hauahaha...
Gue pernah berpikir, dari dua orang (grandpa and grandmna) aja, bisa membuahkan sekitar 7 orang, terus 7 orang itu membuahkan orang-orang lagi. Jadilah sebuah keluarga besar, dimana grandpa dan grandma lah yang menjadi INTI/INDUK nya. Waktu itu granpa gue lagi tidur, yang bisa gue lakuin sih Cuma sambil mijit beliau dan berusah supaya gak ada yang ganggu tidur beliau, termasuk gangguan binatang-binatang. Gue liati raut wajah grandpa, ternyata emang mirip sama bokap dan gak salah lagi gue cucunya. Dalam hati gue bilang gitu, di Blora bokap juga sempet beli Sapi buat grand =ma dan adek gue. Bener-bener dah Sapinya beda dengan Sapi di Kalimantan, gede banget. Kalau di Kalimanatan pan Sapi Bali, kalau di Jawa Sapi Bule, beda banget gedenya. Kalau kata grand ma gue, biar tu Sapi kakinya dikasih Telur gak akan jatuh (saking gedenya). Abis dari pasar SAPI, (beneran deh Cuma jual SAPI aja), gue sama brotha-brotha and nyokap shopping baju dan beberapa yang di inginkan. Sesi ini yang paling gue demen dah, di bayarin nyokap. Naik becak pula, adek gue seneng banget dah, huahaha..
Esoknya kami balik ke Kalimantan, penerbangan pukul 7 malam tapi, mulai pagi udah berangkat ke Surabaya. Karna sekalian mau jalan-jalan, huahaha.. Malam itu sebelumnya ngobrol dulu panajang lebar sama keluarga. Kebetulan paman dan tante yang di Rembang ada ke Blora, sengaja dateng supaya bisa kumpul walau Cuma sedikit. Malam itu gue dapet beberapa wejangan uang emang JUARA dari Paman gue. Paman gue adalah salah satu guru dan istri beliau juga merepakan seorang guru. Paman gue ngasih masukan buat gue kuliah dan nanya-nanya buat ke depannya gue mau gimana. Yang gak gue sangka kenapa langsung ada wejangan seperti ini “Ya, kalau soal cewek itu, boleh-boleh aja. Yang penting jangan terburu-buru mengikat JANJI terlebih dulu”. JLEB, bener-bener nusuk buat gue, kalau buat kakak gue sih gak nusuk amat karna emang dia udah punya pacar, nah gue??? Nyelekit banget, pacar aja kagak punya apa yang mau dijanjikan??? Tapi, biar gimanapun itu wejangan yang harus gue inget buat ke depannya. Harapan gue lebaran tahun ini bisa kumpul lagi sama keluarga besar bokap. Amin.

Perbedaan Pulau Jawa dengan Kalimantan gak Cuma dari model SAPINYA aja, dari bentuk rumah, jalanan, pekerjaan, dan hal-hal lain yang cukup membedakan. Yang terpenting, kalau kita orang Kalimantan ke Jawa pasti ngerasa kalau harga di pulau Jawa itu lebih murah dibandingkan harga di Kalimantan. Makany banyak orang Jawa yang merantau ke Kalimantan, ingin merubah nasib. Lagi pula Kalimanatan masih banyak lahan kosong yang memang belum di huni oleh manusia-manusia. Perbedaan lain di Kaliamantan dan Jawa adalah musim cuaca, kalau di Jawa kalu udah musim panas ya panas banget sampe sawah ntu kering. Tapi, kalau di Kalimantan tetep aja kadang panas kadang hujan, gak tentu deh. Sama halnya dengan perasaan gue~
Tadi sedikti ngelantur deh ya, di Surabaya kami ke Royal Plaza, bener-bener padet manusia. Apalagi kebetulan ntu hari Minggu. Banyak cewek, tapi gak satu pun yang gue kenal. MIRIS banget.. Abis dari situ kami ke Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Madura. Panjang dah ntu jembatan, sayangna kagak boleh berhenti di tengah jembatan. Tapi namanya aja penduduk Indonesia, masih ada aja tu yang berhenti dan foto-foto karna memang pemandangannya bagus. Gue kagak termasuk yang berhenti lho ya?? Gue mematuhi tata tertib dan peratusan yang ada (halah). Setelah itu baru ke bandara, check in dan menunggu di waitng room. Sempet delayed setengah jam, mana batrei hape gue abis lagi, cocok banget dah. Tapi kahirnya sekitar pukul 1 malam udah nyampe rumah, gue langsung ganti baju dan tidur deh~

Sekian..
Wassalamu'alaikum. Wr.Wb

3 komentar:

  1. cemburu tidak terkikis oleh waktu... nyiahahahahha

    BalasHapus
  2. boleh saya tanya?apa arti atau maksud 4 pekan dalam bahasa jawa?..harap teman2 bisa membantu..email saya mohd_ridzuan160190@yahoo.com

    BalasHapus