Rabu, 13 Juli 2011

UM UNDIP DAN SIMAK UI

Assalamu’alaikum. Wr. Wb

Pengumuman SNMPTN tertulis pada tanggal 30 Juni 2011, telah diumumkan oleh pihak yang berwajib. Secara gak resmi, gue udah jadi anak kuliahan walau gue keterima di univ yang sebenernya bukan pilihan gue, namun semua sudah ada yang mengatur begitulah kira-kira cara meyakinkan diri gue sendiri yang gak pernah bisa percaya akan kemampuan gue sendiri. Sebelum pengumuman SNMPTN gue udah mempersiapkan kejadian terburuk kalau-kalau gak lulus tu SNMPTN. Dua universitas yang menjadi korban pelarian alias coba-coba. Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia menjadi sasaran yang kemungkinannya sangatlah kecil untuk masuk ke dalam univ-univ tersebut. Pikiran dalam hati gue adalah jika memang gak ada satu pun yang nyangkut, artinya takdir gue kuliah di Univ yang lulus SNMPTN itu. Namanya aja gue, Hendra Sanjaya Kusno kalau gak ada pengalaman yang menarik dan memalukan bukan gue namanya.

Tes UM Undip dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2011 dan SIMAK UI tanggal 3 Juli 2011. Sehari sebelumnya, tepatnya tanggal 1 Juli 2011 gue berangkat ke rumah tante gue yang kebetulan memiliki rumah di Samarinda (tesnya di Samarinda). So, dengan hati yang riang gembira gue berangkat mengguanakan taksi. Sebelum ke rumah tante, gue harus menyelesaikan beberapa urusan diantaranya membeli kertas Cover untuk ngprint kartu ujian UNDIP dan UI. Urusan lainnya gue harus transfer uang buat bukunya si @poconggg yang gue beli dari @bukabuku. Sesudah semua nya selesai barulah gue melaksanakan tugas berikutnya yaitu, ke PARIS. Eh, salah maksud gue ke rumah tante. Gue ketok-ketok tu pintu tapi, kagak ada yang ngebukain karna IQ gue tingkat tinggi gue lebih milih lewat pintu samping daripada nunggu sampe bejamuran di depan rumah tante gue. Gak lama udah dikamar, tante gue manggil disuruh makan Mie Ayam, sebagai keponakkan yang baik tentunya gak mau dong ngecawain tante. Dengan tanpa malu-malu, Mie Ayam itu menjadi santapan yang nikmat sore itu.

Hingga pagi menjelang gak ada situasi yang mengenaskan terhadap kehidupan gue. Tapi, gue mendapati sebuah kenyataan pahit yang hingga kini masih jadi pikiran gue (halah). Sebuah benda yang cukup penting bernama Ikat Pinggang tertinggal di kamar rumah gue. Dengan pikiran yang cukup negaif tersirat sebuah peristiwa jika gue gak make tu benda “Celana gue melorot”. Akhirnya, gue putusin buat minjem ke tante dan ternyata proses peminjaman itu berhasil dengan sukses. Setelah sarapan, gue cepet-cepet cabut ke lokasi tes UM UNDIP bersama suaminya tante. Pagi itu sarapan gue tumben-tumbennya habis, ya mungkin mood gue lagi bagus. Sesampainya di lokasi, yang kebetulan di SMAN 1 Samarinda. Dengan jiwa gaktau dan buta jalan Samarinda, gue masuk tu yang namanya Sekolah Bertaraf Internasional. Baru aja masuk, udah ada cewek yang nungguin gue dengan setianya, wanita yang apes ketemu gue bernama Winda Arianti. Yups, gue kenal sama ni bocah karna teman SMA gue banyak yang kenal, secara dia adalah renteiner alias…….. (isilah titik-titik di samping). Gue ngobrol beberapa belah kalimat dan pertanyaan-pertanyaan yang cukup nyelekit buat gue dengan seksama, sesekali gue melihat ke langit dan berhaparap hujan (nggak, nggak). Udah gue gak mau ngebahas pertanyaan yang nyelekit itu, gue yakin lo pade udah tau pertanyaan macem apa yang ia ajukan kepada gue yang polos ini.
Di tengah percakapan ternyata ada temennya si Winda yang menghampiri, gue dikenalin tapi sayangnya cowok. Gak lama ada temennya lagi yang dateng cewek, dan gak lama pula gue merasakan hal yang aneh di dalam perut yang sangat bagus ini. MULES. Beberapa angin gue keluarin dengan nada MAYOR sehingga orang-orang di sekitar gue gak denger. Orang-orang udah pada rame di dalam, sehingga kami memutuskan untuk memasuki area tes. Di deket papan pengumuman udah pada rame gitu, gue kira pengumuman UM Undip, tapi ternyata pengumuman Siswa Baru SMAN 1 Samarinda, kami tertipu dengan indahnya. Setelah kami tertipu mentah-mentah, dengan jiwa besar kami memutuskan untuk datengin panitia buat minta soal ujian terlebih dahulu (halah). Nggak kok, kami Cuma tanya dimana aja tempat tesnya dan si Winda menyerahkan beberapa pucuk surat ke Panitia. Gue gak tau itu surat apa, yang jelas itu bukan Surat Cinta. Lanjut ke misi melaksanakan Ujian Tes Masuk Undip, kami segera mencari yang namanya ruang ujian dengan sesuainya nomor peserta, dari situ kami berpisah tapi sebelumnya kami berpelukan terlebih dahulu (eh).

Tiap ruangan gue jelajahi dengan semangat, hingga akhirnya gue menemukan sebuah ruangan yang tertera serangkaian nomor peserta yang sesuai dengan nomor peserta gue. Lega rasanya udah tau dimana ruangan tes gue, tiba-tiba telpon gue berdering ada sebuah panggilan ke hape antik gue. Ternyata seorang wanita, Maulida Nusantari bersama Bundanya yang juga ikut tes Undip (Bundanya gak ikut tes). Gue menghampiri, anak dan Bunda tersebut dengan niat siapa tau gue dapet rejeki bisa cipika cipiki (ngaco). Tes pun dimulai, kami memasuki ruangan untuk verifikasi data diri dan membayar uang tes karna tes gak di Semarang dikenakan biaya lagi. Yang gak gue sangka sebelumnya adalah anak IPC digabung sama anak IPS dan anak (hm maksud gue bapak dan ibu) lanjutan D3. Masih mending gue digabung sama anak IPS, pan masih rada bening dikit, ini materi IPA anak IPS nya kagak ada satu pun. Alhasil, gue harus melakukan tes dengan bapak dan ibu tersebut. Mana anak IPC Cuma 5 orang, di kurang 1 peserta yang kagak dateng. Sepi, seperti KUBURAN (yaiayaah namanya juga TES).
Verifikasi disuruh sama ibu Pengawas untuk maju, dengan yakin gue maju duluan. Tapi karna gue sangatlah mendukung yang namanya Go Green jadi, gue mempersilahkan orang yang lebih tua dari gue untuk verifikasi terlebih dahulu. Kartu dan beberapa perlengkapan bayi di perlihatkan dan ternyata diminta copyannya. Padahal, di ruang lain Cuma di lihat aja sama pengawas, ya mungkin wajah-wajah kami gak meyakinkan ya??? Yang namanya copyan, gue kagak bawa dan beberapa dari peserta juga kagak bawa. Kami disuruh sama ibu Pengawas untuk memberikan copyannya setelah ujian IPA selesai. Akhirnya soal-soal yang menjengkelkan itu dibagi, kalau buat yang lanjutan D3 sih gue denger Cuma tes TPA aja. Yups, dengan wajah yang memelas gue ngerjakan soal-soal yang banyaknya minta di gigit. Bener-bener banyak tu soal, di tengah gue ngerjain perut ini gak bisa diajak berdiskusi lagi. Gue mencoba menahan hasrat untuk mengeluarkannya tapi, apa daya gue gak sanggup ditambah lagi kipas angin yang begitu kencang, beda sama sekolah gue yang gak punya (ah lupakan, fokus ndra). Cepet-cepet gue ijin sama ibu Pengawas buat pergi ke Pasar, salah maksud gue ke Toilet. Toilet itu sepertinya kosong dan gelap. Mau gimana, gue berpikir kalau gue gak melampiaskan ni hasrat, gak bakal deh bisa ngerjakan soal dengan tenang. Keputusan sudah bulat, gue melampiaskan hasrat itu di ruangan gelap dan sunyi itu. Di tengah semedi gue, tersadar kalau tadi pagi-pagi udah saraan pake SAMBEL. Good ndra….

Selesai semua hasrat dikelaurin, gue langsung keluar gak pake cebok. Nggak,nggak, gue bersihin dulu kok, tapi ya tetep aja rada bau gimana gitu tangan gue. Hahaha… Gue keluar, kebetulan ada pohon di deket Toilet itu, langsung aja gue samber tu daunnya. Ya itung-itung buat menghilangkan aroma terapi di tangan gue. Beruntungnya tu pohon adalah pohon jeruk nipis, jadi wanginya lumayan. Kembali ke soal-soal, gue mengerjakannya dengan penuh kepasrahan diri tanpa menghitung dan tanpa berpikir (eh). Tentunya dengan rasa ngantuk yang tinggi pula, gaktau kenapa gue ngantuk banget ngeliatin tu soal-soal. Bahkan gue sempat tidur sebentar, bayangin aja 3 jam buat ngerjakan soal-soal. Ngantuk gila deh pokoknya. waktu akhrinya selesai, padahal mau gue isi semua tu lembar jawaban (nggaya). Dengan mengingat apa yang dipesankan oleh ibu Pengawas, gue bergegas untuk cari yang namany Fotocopy, bukan Photoshop atau lainnya. Dengan yakin gue jalan kaki ke arah kanan, berharap nemu yang namanya fotocopy. Namanya aja gue gitu pan yak, tanpa pikir panjang gue jalan aja udah jauh, panas pula. Masih mending kalau ini dapet gitu yak, ini kagak dapet yang namanya fotocopy. Akhirnya gue tanya temen BBM gue yang notebenenya adalah anak SMANSA SAMARINDA, yang kebetulan berada di sekolah itu juga untuk mempersiapkan MOS. Gue tanya aja dimana yang ada menjual jasa fotocopy??? Jawabannya enak deh, jauh kak yang deket-deket sini gak ada (dia adek kelas kenal waktu lomba CCU namanya Denny). Aje gile, gue udah jalan jauh-jauh ternyata kagak ada dan gue juga salah arah. Yang terdekat arahnya ke kiri tapi tadi gue ambil kanan.

Otak gue yang canggih ini berpikir gimana caranya untuk pergi kesana lagi?? Gue putusin buat nelpon om gue buat jemput dan ngenter ke tukang cukur. Selama menunggu om dateng, gue duduk di depan perkantoran SMANSA SAMARINDA. Gak lama ada Maulida tadi udah mau balik namanya juga IPA udah balik duluan. Dateng lagi seseorang yang gue kenal Nuraga Wishnu Putra, kami sempet ngbrol dan berpelukan (nggak banget). Lagi asik ngobrol, muncul temannya Nuraga dan gerombolannya. Gerombolannya itu ada salah satunya adalah peserta yang berada tepat di belakang gue. Namanya Bhima Wicaksana anak SMANSA SAMARINDA. Kenapa gue tau,karna tadi gue dititipi pesan sama ibu Pengawas supaya ngasih tau dia kalau disuruh fotocopy juga yang namanya KTP. Gue kasih taulah apa yang menjadi amanat dari beliau. Ditambah lagi pertanyaan gue yang lucu, guru bidang studi apa tadi bhim?? (beliau guru SMANSA). Bhima ngasih tau kalau beliau adalah guru BK, gue tanya lagi galak ya kayaknya??? Baru aja terlontar pertanyaan itu, beliau lewat. Anjirr.. Gue ketangkep basah, tapi beliau lewat gitu aja. Tanpa sepatah kata pun, beliau spertinya ingin berpergian dengan temannya guru juga. (Buat Ibu Pengawas kemarin, saya meminta maaf sebesar-besarnya. Mohon maaf bu).
Om gue dateng, buru-buru gue nyamperin sebelumnya gue juga ada liat temen SMA gue. Tapi, kami bersisipan dia naik motor dan gue lari. Gaktau dia liat atau kagak deh. Jam menunjukkan waktu makan siang dan 15 menit lagi mau tes kemampuan IPS. Kami langsung menuju fotocopyan terdekat. Sampai di sana, masih antre pula ada 10 menit lah. Dalam hati gue MAMPUS dah terlambat ni. Mana pramuniaga nya sambil ngobrol lagi. Masih mending kalau ngobrol sambil dikerjain, ini kagak. Apa-apa yang udah di fotocpy langsung aja gue masukkin ke tas dan bergegas balik ke tempat tes. Bener kata gue, terlambat kan udah sepi di luar ruangan artinya pan udah pada masuk ruangan. Gue berlari, layaknya pelari nasional sesampainya di ruangan gue baru sadar kalau anak IPS masih pada verifikasi. Baguslah..

Di tengah veirifikasi, gue ngobrol sedikit sama Bhima tanya-tanya gitu. Dari tanya ukuran sepatunya sampe makanan favoritnya. Gue juga tanya udah tes dimana aja, dan beberapa pembicaraan lainnya. Waktu lagi ngobrol satu per satu anak IPS maju buat verifikasi. Dalam hati gue, beuh refreshing ni ceritanya mata gue. Lumayanlah dari pada sama bapakdan ibu-ibu lanjutan D3 tadi. Soal dibagi, waktu tu soal dibagi dateng bapak ketua panitia yang berwibawa mengumumkan bahwasanya nomor peserta yang ganjil dapet kode soal yang ganjil pula, dan yang genap juga begitu. Gaktau kenapa mulai tes IPA tadi bapak itu deket-deket gue dan sambil senyum-senyum gimana gitu. Gue kira beliau naksir gue yang tampan ini tapi, ternyata nggak. Gue salah sangka, sebenernya tadi waktu tes IPA anak IPC pada salah kode soal semua, terbalik-balik karna ada satu orang yang kagak dateng. Yang ganjil dapet genap dan genap dapet ganjil,malah terbalik. Gaktau yang kebalik Cuma gue aja atau semua, yang jelas gue yang selalu di datengin itu yang namanya bapak panitia. Harapan gue Cuma satu, salah kode mudahan gak berakibat pada kelulusannya nanti. Di tengah ujian yang menegangkan dan sunyi itu, perut gue bunyi (kriuk..kriuk..kriuk), gue belum makan siang nih. Dengan sigap soal-soal itu gue kerjain, dan terus nunggu waktu dikumpul. Udah waktu abis, gue buru-buru pergi keluar mau balik ke tempat tante buat makan tentunya. Tapi, daya ingatan gue yang tajem baru inget kalau besok juga ada SIMAK UI di SMK 1 SAMARINDA. Gue berinisiatif mau ngecek dulu lah ruang ujiannya gimana. So, sebelum balik ke rumah tante gue nyempetin mampir ke SMK 1. Di sana, gue ketemu bapak-bapak langsung aja gue tanya karna gue menganut ajaran “Malu bertanya gak ketemu raungannya”. Beliau akhirnya memberi tau perkiraan ruangan kelas yang akan dipergunakan untuk keperluan tes besok. Gue menyusuri ruangan yang beliau beritahukan tadi, sambil mencari nomor peserta yang sesuai dengan yang tertera di kartu ujian SIMAK.

Gue udah muter-muter tetep aja kagak ketemu, mana perut udah gak bisa diajak kompromi lagi. Gue liat ke ruangan atas dari bawah, yups ketemu nomor peserta gue. Udah, gue langsung cabut ke rumah tante gue sama om. Sampe rumah tante, gue sempatin sholat dulu baru makan (tumben). Habis makan dengan lahapnya, gue langsung menempati kasur yang empuk. Masuk ke dunia mimpi bersama bantal dan guling. Sore baru gue bangun, mandi dan berbagai aktifitas seperti kemarin. Malam pun tiba, gue di kamar maksud hati ingin belajar apa daya gue males. Jadi Cuma twitteran, dengerin lagu dan aktifitas yang gak perlu. Mana INSOMNIA gue udah stadium akhir pula. Besok hanya bisa pasrah.

Pagi dateng, bangunnya sih kagak terlamabat berangkatnya yang rada telat ditambah macet pula. Akhirnya, gue sampe di SMK 1 ya telat anak-anak udah pada masuk ruangan tes. Gue lari, gue udah pedenya mau naik ke kelas yang kemarin gue liat. Eh ternyata gerbang ke atas dikunci dan menurut feeling gue salah ruangan. Untungnya gue liat ada dua bapak-bapak yang sedang ngobrol dengan santainya, gue langsung tanya aja dimana ruangan tes nomor peserta ini pak. Akhirnya gue dianterin, gue ngucapin makasih banget sama beliau. Gue telat, yang lain udah selesai ngisi data dan verifikasi gue baru mau. Pengawas ngasih gue lembar jawaban komputer and gak lupa di cek juga kartu peserta dan identitas diri. Terus gue ngisi deh data diri gue yang bener, sebelum itu gue menyempatkan diri bue liat ke kanan dan ke kiri, ke depan dan ke belakang. Gue kaget, di depan gue sepertinya pernah ketemu gitu, dimana ya??? Gue inget, sekalinya itu Bhima gak tau kenapa ketemu lagi sama dia. Bedanya, sekarang gue yang di belakang dia dan gak lama gue juga sadar kalau di arah jam 11 ada teman SMA gue Via. Waktu istirahat gue ngobrol-ngobrol aja sama Via. Soalnya yang gue kenal Cuma dia. Ya untunglah, kasus anak hilang yang dulu gak terulang lagi~

Sekian
Doakan gue ya mudahan ada yang nyangkut lah salah satunya..
Amin..

Wassalamu’alaikum. Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar