Senin, 08 Agustus 2011

18 Agustus 2008-2009

Hello world, I’m waiting 18th August 2011

**Yups, taggal 18 adalah tanggal yang cukup sakral buat beberapa tahun kehidupan gue sejak masuk SMA. Gaktau kenapa beberapa tahun mulai tahun 2008, tanggal itu memiliki sebuah arti yang berbeda-beda dan gue masih ingat satu persatu kejadiannya. 

Tanggal 18 agustus juga memiliki arti yang cukup mendebarkan buat Kemerdekaan RI, karna pada tanggal inilah Dasar Negara di sahkan dan atribut lainnya yang mendukung Pemerintahan RI 
*mudahan bener* 

Buat gue semua yang terjadi di tanggal ini adalah Sejarah yang gak boleh dilupain, dan takkan lekang oleh waktu (behh). Sejujurnya dan sebenernya, gue bingung mau nulis tentang 18 Agustus ini dari mana, masa iya gue ceritain semuanya gitu yak?? Okelah gue mulai gak ngerti ni tulisan alurnya kemana, dari A ke B atau bahkan dari A langsung ke Y. Intinya baca aja tulisan ini hingga selesai...

18 Agustus 2008, kisah ini dimulai ketika bulan Juli 2008 gue masuk ke sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Tenggarong, Kutai Kartanegara dengan julukan “Unggulan”. Dari macem-macem kegiatan udah gue lakuin dengan bocah-bocah angkatan V di sekolah ini. Sekolah ini adalah sekola boarding school yang memang dipantau terus oleh TNI sebagai Pembina Kedisplinan. Gue ngejelasin panjang lebar tentang sekolah ini juga paling kalian kagak ngerti. Intinya tanggal 17 Agustus, kami upacaara bendera Proklamasi RI.

**The End**

Huahaha.. Nggak, nggak, tadi becanda. Tanggal 17-nya kami memang ikut upacara bendera bersama masyarakat sekitar dan pejabat-pejabat (desa) setempat. Mulai awal Agustus itu penciuman gue tentang lawan jenis mulai menguat. Sinyal tentang keberadaan seseorang yang gue yakini bisa membuat hidup berwarna udah bisa gue tangkep. Awalnya, bukan gue yang suka sama ni cewek, yang suka itu temen gue sebut saja namanya Andre. Gaktau kenapa juga ni anaka suka banget bilang kalau dia suka sam tu cewek ke gue. Untuk mempermudah sebut saja si cewek bernama Anggi 

**Gak usah tanya kenapa namanya Anggi???!!!

Tiap kali Anggi lewat gitu, si Andre bilang ke gue. Tiap kali Anggi ada si Andre selalu berusaha deket dan mencari perhatian. Anehnya lagi, si Andre sering banget waktu mau deketin si Anggi bawa-bawa gue. Malah pernah gue yang dikira sama bocah-bocah kalau gue yang suka sama si Anggi.

Gue sih santai aja karna , waktu itu gak ada perasaan sama sekali. Entah gimana perasaan itu berubah, gue mulai kagum sama sifatnya. Singkat cerita mulailah sebuah proses yang biasa di beri nama PDKT, jujur dalam hati gue yang paling dalem gue gak enak sama si Andre. Tapi, gue PDKT gak sembarangan gitu aja. Gue udah liat kalau si Andre ternyata udah cari PDKT’n yang lain, biasalah Cintanya Monyet. Awalnya PDKT ini hanya melalui alat komunikasi yang udah canggih Telepon Seluler, SMS (dulu masih jamannya Friendster). Karna ini adalah sekolah yang berasrama, tiap Minggu malem hape pada dikumpul ke Pembina kedisiplinan dan dibagikan lagi pada hari Sabtu pagi. So, hanya dalam beberapa jam itu saja kami sempat berhubungan. Hal yang udah gue tau adalah dia merupakan seorang anak wanita yang orang tuanya udah bokap gue kenal. Sampe beberapa minggu gue Cuma bisa SMS, terus liat dia dari jauh aja.

Dari sms, gue bisa tau kalau dia orangnya punya kepribadian yang bagus dan gue suka. Dari sms pula kita sering tukar pendapat, dan gue sering juga bikin dia kesel. Hal yang bikin kesel itu, kalau gue ngajak ngobrol tentang mantannya di SMP. Yups, sebelum PDKT dan macem-macem lainnya gue udah cari informasi ke Departemen MANTAN yang berada di PAPUA , buat cari tau siapa sih MANTAN nya Anggi. Akhirnya gue dapet sebuah nama (disamarkan) Doni, dan sekarang bersekolah di SMA yang berbeda di SMANSA. Gue paling pengen ketemu sama Doni, mau liat aja gimana sih tipe cowok Anggi.

Singkat cerita, kebetulan tanggal 17 ntu pan tanggal merah jadi hape lebih lama dibagikan karna hari libur. Seperti biasa tetep aja SMS, dan gue lupa waktu itu lagi ngobrolin apa gue nyeletuk tentang perasaan. Terus dia bales dengan jawaban yang rada bagus di baca waktu itu. Keadaan menjadi sedikit garing ketika itu, gue mulai panik setengah gila. Buru-buru gue alihkan pembicaraan ke topik yang lain. Sampai akhirnya 18 Agustus itu dateng, pagi itu bocah-bocah udah nyiapkan peralatan buat ngadakan lomba 17’n di lapangan. Dari lomba makan kerupuk, main bola pake sarung, makan ban mobil (ngaco), dan beberapa lomba lainnya. Gue bener-bener lagi kasmaran saat itu. 

**Di tengah lomba itu gue tetep nyari si anggi dimana?? Pake baju apa?? Kabarnya dia gimana?? Ukuran sepatunya berapa #eh?? 

Kebetulan waktu itu gue lagi puasa, gue rada lupa ntu puasa bayar nazar atau kah puasa sunnah. Seinget gue sih puasa bayar nazar (dulu alim, sekarang???? -___-). Acara dimulai, lomba makan kerupuk yang pertama tentu aja gue gak bisa ikutan. Bocah-bocah udah pada rame, ada yang gak nyampe lah ada yang pake tangan lah, bahkan ada yang makan pake nasi (ngaco abis).

Karna gue adalah manusia yang cukup Hyperactive, waktu itu gue lagi lari entah ngapain gue lupa. Pokonya ngejar orang lah, nah sekalinya gak sengaja tersandung kakinya si Anggi. Gue beneran gaktau, dan gak sengaja waktu itu. Gue langsung minta maaf banget, karna gue liat dia kesakitan. Gue reflek langsung megang tangannya buat minta maaf, gue diem, dia juga ikutan diem. Dia kaget, tangannya gue pegang, gue juga ikutan kaget kenapa gue megang tangannya?? Parahnya itu kejadian terjadi di tengah lapangan dimana sekitar 60 pasang mata menyaksikan kejadian tersebut. 

Gue baru sadar, waktu ada bocah yang bilang cie,cie,cie.. Tembak,tembak,tembak...

Gue langsung minta maaf sama si Anggi, dan ngelepas tangannya. Gue Cuma bisa diem aja, bocah-bocah tetep aja masih ngejekin gue sama si Anggi. Acara pun dilanjutkan, sampe akhirnya selesai karna udah siang hari itu. Sekitar pukul 3 sore, gue bangun dari tidur cari hape, siapa tau aja ada sms. Ketika udah sadar sepenuhnya gue baru inget kejadian yang di lapangan tadi sama Anggi. Gue langsung buka new message, ngirim pesan minta maaf. Entah kenapa juga smsnnya jadi semakin serius ngomongin perasaan. Sampe akhirnya dia bilang, 
       “Paling kamu gak berani ngomong langsung”, gue bener-bener merasa ada sebuah kesempatan buat jadian sama dia. 

Hati gue berkembang-kembang (berbunga-bunga kale?? -___-), atur rencana, tapi ternyata kagak ada rencana yang nyangkut di benak gue. Akhirnya gue putusin liat ajalah ntar, kalau emang malem ada kesempatan ya gue tembak. Gue udah gak peduli lagi apa yang akan terjadi, atau hasilnya gimana juga udah gak gue pikir.

Akhirnya, langit pun menggelap dan ternyata udah malem, abis makan malam and apel malam, bocah-bocah pada belanja ke warung terdekat buat beli beberapa perlengkapan. Gue tetep di asrama, sambil memantau kalau aja Anggi keluar, gue mau ajak ngobrol bentar. Rencana gue sih mau ngomong empat mata aja tapi, kenyataannya berkata lain. Anggi selalu sama-sama temen-temennya, dan gak ada sedikitpun celah buat gue ngomong. Malam pun semakin malam, bocah-bocah sebagian udah pada balik ke asramanya, termasuk si Anggi. Udah deh, gagal 100% hari itu pikir gue gitu sih tapi, gue gak kurang akal ye. Gue pan sekelas sama temen nya si Anggi juga, sebut saja namanya si Dhea and Rani. Dhea udah mulai SMP kenal sama Anggi, jadi udah bukan orang baru lagi buat Anggi. Gue Cuma minta tolong aja sama mereka buat manggil Anggi keluar, ada yang mau gue omongin gitu, ngeles gaya botol gitu.

Mereka sih ternyata udah mencium aroma yang gue rasain dan apa yang ingin gue lakuin malam itu. Mereka sih semangat banget manggilin, gue udah keringet dingin. Berani gak berani, takut gak takut, gue coba nenangin diri. Mensugestikan diri kalau ini hanya mimpi dan sebentar lagi gue terbangun dari mimpi ini, dengan basah #eh.

++Anggi akhirnya dateng, gue ajak dia ke sebuah ruangan, si Dhea sama Rani juga ikut masuk++

Alamak, gimana gue ngomongnya nih, apa gak jadi aja ya??? Pikiran gue mulai ngkhayal ke langit ke tujuh, gimana kalau dia ketawa dan bilang “Kita temenan aja ya???”, mau ditaruh mana ni bokong??? Hah??? Gilak, ini cukup gilak, gue ajak mereka ngomongin harga rupiah yang lagi turun saat itu, dengan tujuan mereka lupa apa maksud utama gue ngajak ketemu Anggi. Rencana A gagal, malah si Dhea sama Rani nyuruh gue cepetan ngomong, kalau gak mereka bawa Anggi pergi lagi.

Di sini, mental gue di uji dengan ujian yang sangat sulit. Gue takut aja kelamaan ngeliat wajahnya Anggi yang cantik gue pingsan seketika, atau yang lebih parah kalau gue mimisan di depan Anggi, gak lucu banget. Karna gue inget sama perjuangannya para Pahlawan yang udah gugur, secara ini hari Kemerdekaan (lewat sehari), semangat ‘45 gue membara. Akhirnya gue langsung to the point aja, gue bilang “Mau gak jadi pacar gue???”. Suasananya menjadi hening, dia diem, gue juga diem, Dhea sama Rani ikutan diem. Gue mulai gugup, ekspresi Anggi seperti abis ulangan dapet nilai JELEK. Dia tetep diem, tanpa gue sadari mulut gue nyeletuk, “Apa masih sayang sama Doni???”, wajah Anggi langsung terlihat marah.

*PLAK*

^^Tamparan mendarat di pipi gue, tamparan di pipi kiri yang cukup sakit sih. Tapi, rasanya itu seperti terbang menembus langit ketujuh dan gak balik-balik lagi ke Bumi^^

Si Dhea sama Rani kaget, Anggi nampar gue, mereka aja kaget apalagi gue. Udah, pikiran gue pasti gak bakalan nih keterima. Pupus harapan, tak akan ada lagi gue yang selalu tersenyum (halah). Gue udah gak berharap banyak waktu itu, tapi gue beraniin diri buat nanya sekali lagi “Jawabannya apa?? Iya atau gak??”, gue rasanya udah pengen cepet-cepet kabur dari tempat itu.

Gue udah mau pergi dari situ, tapi dia narik baju gue pelan. Sepertinya Anggi narik baju gue pelan, supaya gak keliatan sama Dhea and Rani. Gak jadi gue pergi, dalam pikiran gue nih anak apa mau nampar gue lagi. Dia diem lagi, gue juga diem, Dhea sama Rani ikutan diem, gue mencoba mendinginkan suasana yang panas saat itu. Maksud gue sih mau bawa kulkas atau gak pake pintu ajaib nya Doraemon buat ke Kutub. Rencana itu gue batalkan, karna gue sadar gak punya Doraemon, yang ada Kucing yang sakit-sakitan di asrama. Akhirnya gue tanya sekali lagi ke dia, “Gimana???”. Gue mulai ngerti setelah pertanyaan tadi, dia seperti malu gitu ada Dhea sama Rani. Gue bilang ke mereka, “gak usah diliatin ya”..  So, si Dhea sama Rani membalikkan badan gak ngeliat ke gue sama Anggi. Terus gue tanya lagi,
       “Apa jawabnnnya??”, lo tau apa yang terjadi saat itu????

$$ Dia hanya memberikan isyarat dengan menganggukan kepala, acara pun selesai... $$

Sejak saat itu, tanggal 18 bersejarah buat gue, karna ada sebuah proses yang paling gak enak dalam hidup gue, gak ada rencana sama sekali, gak ada romantis-romantisnya dan terutama jawabannya dengan “Bahasa Isyarat”. Tapi, gimana pun prosesnya yang penting itu hasil dan perasaan yang ada. Gue bersyukur waktu itu bisa diterima sama dia, karna baru gue tau kalau yang suka sama Anggi itu banyak. Beruntung lah gue , dan buntunglah Anggi yang nerima gue. Kalau dipikir Anggi adalah cewek yang matanya rada “rabun”, kenapa mau nerima gue??? Atau mungkin dia lagi kesambet waktu jawab gue malam itu. 

++ Anggi adalah orang yang mau nerima gue apa adanya, mau ada ketika gue sedih dan seneng, walau sering dia gue buat marah atau malah gue buat merasa bersalah, tapi dia tetep aja bertahan (behh) ++

Dia gak pernah malu pacaran sama orang yang malu-maluin dan hyperactive kayak gue.

Ceritanya gini, waktu itu selama kelas X SMA kurang lebih 6 bulan gue jarang MANDI pagi. Paling cuma cuci muka, gosok gigi, ganti baju terus berangkat deh. Maklum, gue rada males (itu bukan rada ndra!!!!!). Tenang-tenang, kebiasaan itu hanya berlangsung ketika kelas X aja kok. Nah, dengan kebiasaan jelek gue itu bocah-bocah sering banget ngejek gue atau gak ngejek si Anggi, kok mau pacaran sama orang yang bau, gak mandi pagi??? Dia malah senyum aja gitu ditanya sama bocah-bocah, sampe-sampe ada guru yang tau gue kalau sekolah gak mandi pagi. Sampe-sampe dia sering manggil gue dengan panggilan “Bauww”, gaktau kenapa dia gak pernah mau manggil nama gue langsung, sepertinya dia punya alesan tersendiri buat masalh yang itu, dengan panggilan itu gue juga manggil dia dengan panggilan “JELEK”, dan dia mau-mau aja. Kadang gue ngerasa kasian sama dia, jadi sering malu karna perbuatan gue. Entahlah, kenapa dia mau nerima gue gitu. Pikiran gue sih kalau emang dia malu dan gajak putus yaudahlah gakapapa, gue kasian sama dia. Tapi nyatanya nggak seperti yang gue bayangin

Namanya aja anak yang baru SMA ya, kalau udah kasmaran ya gitu. Kepikiran terus, gak konsen belajar dan lain sebagainya. Pasti ada masalah-masalah yang timbul, kadang masalah kecil juga jadi besar dan tau penyebabnya siapa??? Tak lain dan tak bukan gue. Gue sama Anggi lumayan sebentar sih pacarannya, cuma 1 Tahunan ajalah tapi buat gue itu yang paling lama. Dari pacaran sama dia gue punya gengsi kalau nilai gue lebih rendah dari dia, gue malu banget. Berusaha nilai bidang studi apapun yang gue punya lebih banyak dari nilai dia. Jadi, kita sering lomba nilai siapa yang paling tinggi. 

Hingga akhirnya, gue sama Anggi masuk ke kelas percepatan. Di kelas ini gue bener-bener males-malesan, seminggu paling masuk kelas Cuma 4 hari doang. Kalau mood lagi bagus ya masuk, kalau nggak gue minta di ijinkan. Terserah deh sama bocah-bocah mau ijin sakit atau apa. Sampe akhrinya gue turun kelas percepatan ke kelas reguler, pikiran gue sih si Anggi akan lulus duluan. Ternyata yang di pertahankan di kelas percepatan Cuma 12 orang dan dia peringkat ke-13. Huh, hampir aja dalam pikiran gue, ada senang dan juga cukup sedih sih. Huahahaha..

Beranjak ke kelas XI, gue mulai merasakan hal yang aneh waktu itu. Gue lupa kapan?? Yang jelas, waktu itu dapet kabar dan berita dari seseorang kalau Doni ada nemui si Anggi. Alasannya waktu itu adalah lebaran, jadi ya namanya juga lebaran gitu ya. Gue sih gak langsung percaya gitu aja, karna Anggi kalau ada apa-apa dia pasti ngasih tau gue. Walau kadang memang ada yang ia sembunyikan dari gue, termasuk ukuran sepatunya sampe berapa jumlah kaos kakinya (plak). Malem gue dapet berita mengejutkan itu, esoknya di sekolah gue langsung tanya ke dia, bener atau gaknya. Jawabannya adalah benar, nilai 100... 

Gue rada kaget, kenaap gue gak dikasih tau sebelumnya. Terus dia jelasin kenapa gak ngasih tau. Alasannya gak mau buat gue cemburu atau merasa gimana-gimana. Semaleman gue mikir, udah kayak orang bego. Gaktau harus berbuat apa, akhirnya gue nemu jawaban apa yang harus gue lakukan. Gue milih minta break dulu dari dia, dan saling instropeksi diri. Dan kalau memang gak bisa lebih baik dari kemarin yaudah buat apa dipertahankan.

Mungkin bagi kalian itu adalah hal yang sepele, dan gak masuk akal. Yang jelas kalian gaktau perasaan gue waktu itu. Sejujurnya, kalau dia bilang sendiri dan gue gak dapet beritqa dari mulut orang lain, gak mungkin gue minta break dulu sama dia. Kalian tau gue dapet berita dari siapa?? Nggak kan??? Kalian tau gimana mereka bilang??? Ngga juga kan??? So, jangan ngjudge gue bersalah dalam situasi ini. Mungkin kali ini, tulisan gue gak ngelucu atau gak berbelit. Gue ngetik sambil ngingetin masa lalu, dan tentunya dengan mencoba merasaakan hal yang sama ketika itu.

Break hingga satu bulan, dia nghubungi gue, nanya kabar dan beberapa hal lain, padahal kita tiap hari juga ketemu di sekolah. Tapi, dia diem, ya gue juga diem, dan gak saling tegur selama beberapa hari. Bocah-bocah pada bilang dan nanya kenapa kita putus?? Gue sih gak jaawab, gue males nanggapi masalah yang kami hadapi. Jujur, gue waktu itu masih sayang sama dia, dan masih bener-bener butuh dia. Sampai akhirnya gue ngajak balikan, dan entah kenapa dia mau lagi. kebetulan juga asrama sama makam bunda Anggi yang sudah meniggal deket sama asrama, kita sering ke sana buat ziarah. Baru berjalan beberapa bulan, putus lagi. Sekarang akibat kesalahan yang gue berbuat, bener-bener perbuatan yang gak bisa dimaafkan. Gue juga, bener-bener nyesel kenapa gue ngelakuin itu. Anggi minta putus, dan minta waktu buat nenangin diri. Selama 2 minggu gue gak ada nghubungi dia. Gue gak tahan, gue sms dia oagi dan minta maaf. Beberpa hari kemudian, gue ngajak balikan dan gaktau juga kenapa dia mau (lagi), dengan syarat kesalahan waktu itu jangan pernah diulang lagi. Putus nyambung sama dia, semakin membuat kita saling mengerti apa yang harus masing-masing diperbuat ataupun dihindari untuk saling menjaga.

Hingga akhirnya di akhir kelas XI, hubungan itu bener-bener putus dan gak bisa disambung lagi. Yups, kita sama-sama udah sepakat kalau sampe di situ aja. Waktu itu kita sama-sama mau fokus ke kelas XII dan sam perlombaan yang kita ikuti. Tapi, gaktau juga kenapa gue masih cukup sering ke makam bunda Anggi, paling gak gue bersihin makam bunda Anggi. Hingga lulus ini, kita masih sering aja berhubungan. 

Dan hingga sekarang ini kita juga belum dapet pasangan yang baru, gue gak tau kenapa dia belum punya pasangan lagi. Apa??? Gue?? Lah, kalau gue karna emang lagi males aja~

Pertama gue mau nulis ini cerita, niat gue Cuma mau nulis dikit aja. Tapi, gak tau ini tangan dan pikiran menyuruh buat terus menceritakan dan menjadikan ini sebuah tulisan yang nantinya gue akan baca untuk mengingat masa lalu itu..

**KENANGAN BUKAN UNTUK DILUPAKAN TAPI DI PENDAM UNTUK WAKTU YANG LAMA**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar